Cara Mengatasi Kucing Pendarahan Setelah Melahirkan dan Tips Mencegah

Bagi pemilik hewan di rumahnya, tentu mereka tidak segan untuk mengeluarkan uang demi membeli pakan, mainan bahkan memeriksakannya saat sakit. Hal yang seringkali terjadi ialah perawatan cukup ekstra saat persalinan, lantas bagaimana cara mengatasi kucing pendarahan setelah melahirkan?

Cara Mengatasi Kucing Pendarahan Setelah Melahirkan

Masa-masa mendekati kucing lahiran memang perlu dipersiapkan agar tidak mengotori kandang bahkan rumah Anda. Tidak hanya itu saja, merawat induknya pun juga harus diperhatikan, terlebih apabila sampai mengalami pendarahan. Inilah cara mengatasinya:

  1. Membawanya ke Dokter Hewan

Apabila induk kucing mengalami pendarahan setelah melahirkan, maka lebih baik untuk membawanya ke dokter hewan dengan segera. Biasanya hal ini dapat terjadi karena infeksi bakteri maupun keguguran sehingga perlu dilakukan pemeriksaan lanjut.

Cara ini memang menjadi solusi utama jika kucing mengalami gangguan apapun termasuk pendarahan setelah melahirkan. Sebelum membawanya, pastikan Anda sudah memisahkan anak-anak kucing ke tempat yang hangat seperti dilapisi handuk atau lampu maksimal 15 watt agar tidak kedinginan.

  1. Membersihkan Tubuh Induk Kucing

Hal penting lainnya yang perlu dilakukan ialah menghilangkan kotoran dari tubuh kucing terlebih dahulu. Setelah melahirkan, badannya akan lebih kotor dari biasanya. Terlebih jika mengalami pendarahan, darah akan menyebar ke badan induknya.

Agar induk kucing tetap nyaman, maka sebaiknya bersihkan dengan handuk tebal yang sudah dicelup air hangat. Kemudian usapkan secara lembut ke seluruh tubuh lalu keringkan agar tidak menimbulkan bakteri atau penyakit lainnya.

  1. Membersihkan dengan Revanol

Apabila pendarahan sudah berhenti, maka Anda harus membersihkan bagian kelamin agar tidak menimbulkan penyakit baru yang disebabkan karena adanya virus atau bakteri. Biasanya orang-orang menggunakan revanol untuk menghilangkan bekas darah.

Pastikan Anda tetap membersihkannya secara hati-hati dan lembut. Gunakanlah kapas atau tisu yang sudah ditetesi dengan revanol kemudian bersihkanlah bagian kelamin induk kucing sampai benar-benar bersih.

  1. Menyuapi Menggunakan Tabung Suntik

Kucing setelah melahirkan umumnya akan lemas bahkan berjalan sempoyongan, terlebih jika mengalami pendarahan, mereka biasanya tidak akan kuat untuk berdiri dan akhirnya makan pun juga belum bisa dilakukan.

Anda sebagai pemiliknya, harus tetap memberikan makanan dan obat secara rutin, sebab kucing pasca melahirkan memang cenderung lebih lemas bahkan tidak memiliki nafsu makan. Jika hal ini dibiarkan maka bisa membahayakan nyawa si induk karena kekurangan energi.

Cara Mencegah Kucing dari Pendarahan Saat Menghamilkan

Perawatan kucing disaat sedang bunting memang penting untuk dilakukan bagi pemiliknya. Hal ini perlu diperhatikan agar menghindari kejadian buruk seperti kematian saat melahirkan, kesulitan ketika proses persalinan bahkan pendarahan setelahnya. Inilah beberapa tips yang dapat diterapkan:

  1. Beri Makanan Bergizi Tinggi

Kucing yang sedang hamil akan memerlukan banyak asupan gizi demi memenuhi kebutuhan nutrisi dirinya sendiri dan calon anak-anaknya. Oleh karena itu, sebagai pemilik pun harus memperhatikan kualitas serta kuantitas makanannya.

Kini sudah banyak tersedia di toko-toko hewan yang menjual produk khusus makanan kucing hamil. Tentunya di dalamnya sudah mengandung vitamin atau zat gizi lainnya demi memenuhi kebutuhan nutrisi induk dan anak-anaknya.

  1. Tidak Memberikan Sembarang Obat

Pemilik harus memperhatikan segala macam makanan yang dikonsumsi terutama masalah obat-obatan mulai dari penghilang kutu, jamur ataupun cacing. Apabila penggunaannya tidak disertai dengan anjuran dokter, maka kesehatan anak-anak kucing di dalam janin bisa terancam.

Pembentukan janin di dalam rahim bisa saja keguguran atau kematian yang menyebabkan induk kucing mengalami pendarahan. Sebaiknya apabila hewan Anda menunjukkan gejala kurang sehat, konsultasikan saja bersama dokternya bukan memberinya obat secara sembarangan.

  1. Tidak Boleh Memandikan Induk Kucing

Selanjutnya hal penting yang harus dilarang ialah memandikan kucing hamil. Peliharaan lucu Anda ini termasuk hewan tidak suka air dan cenderung akan mengalami stress saat dimandikan. Hal tersebut bisa saja mempengaruhi pertumbuhan janin di dalamnya.

Solusinya, Anda cukup melakukan grooming kering dengan menyisir bulu-bulunya kemudian memberikan parfum tanpa harus berbasah-basahan menggunakan air yang dapat menyebabkan induk kucing stress.

 

Itulah penjelasan mengenai cara mengatasi kucing pendarahan setelah melahirkan serta bagaimana menghindarinya. Hal tersebut cukup penting Anda pahami agar mengetahui langkah apa yang harus dilakukan saat menghadapi keadaan darurat seperti ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *