Cara Mengobati Luka Cakar Kucing Paling Efektif

Ada beberapa cara mengobati luka cakar kucing, namun itu semua bergantung seberapa dalam lukanya. Jangan meremehkan cakaran hewan tersebut, jika dibiarkan terlalu lama dikhawatirkan akan terjadi infeksi pada tubuh. Maka dari itu, penting kiranya untuk mengetahui penanganan terbaik.

Ketahui Cara Mengobati Luka Cakar Kucing

Kucing adalah makhluk menggemaskan yang kerap dijadikan hewan peliharaan. Meskipun aslinya hewan ini jinak, namun terkadang binatang tersebut suka mencakar tuannya. Hal itu bisa dikarenakan beberapa faktor antara lain, marah, lapar dan sakit. Bila dicakar, Anda harus melakukan hal berikut:

  1. Memeriksa Luka Cakaran

Salah satu hal yang harus dilakukan untuk menangani cakaran kucing yakni memeriksa secara detail apakah lukanya ringan atau berat. Apabila setelah diamati goresannya cukup dalam, penanganannya pun khusus. Jika terasa perih dan darah terus mengalir, maka hentikan pendarahan.

Caranya mudah yakni gunakan kapas bersih. Apabila tidak tersedia, pilihlah tissue lembut dan seka dengan perlahan agar tak membuat sakit luka cakaran tersebut. Melakukan pemeriksaan ini penting sebab jika dicakar cukup dalam penanganannya agak berbeda dengan yang ringan.

  1. Mencuci Tangan

Setelah memeriksa sakit tersebut, Anda pun harus membersihkan lukanya. Namun, sebelum melakukannya, pasien perlu mencuci tangan terlebih dahulu. cucilah menggunakan sabun agar kuman segera hilang. Panca indera inilah yang akan digunakan untuk merawat bekas cakaran.

Jika tangan kotor dan tidak dicuci dahulu, dikhawatirkan akan membawa bibit penyakit sehingga luka berpotensi sulit sembuh. Oleh karena, pastikan mencucinya terlebih dahulu baru memengan bekas cakaran kucing tersebut. Lakukan tips ini demi kesehatan Anda.

  1. Menyiram Luka

Cara mengobati luka cakar kucing cukup mudah, namun ada beberapa hal penting yang harus diketahui. Jika Anda memiliki goresan ringan, maka disarankan membilasnya dengan air mengalir. Gunakan kran agar cepat membersihkan area tersebut. ini mungkin sedikit perih tapi efeknya hanya sebentar.

Membersihkan luka ini penting karena kuku kucing mungkin mengandung banyak bakteri sehingga ada potensi luka takkan cepat sembuh jika dibiarkan saja tanpa dibersihkan dahulu. Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan tahap tersebut.

  1. Mengolesi Luka dengan Salep

Tahap selanjutnya yang harus dilakukan yakni mengeringkannya lalu diolesi salep. Salah satu obat terbaik untuk menyembuhkan cakaran kucing yakni neosporin. Kandungannya sangat ampuh karena mengandung neomycin. Dalam beberapa hari akan terlihat perbedaanya.

Untuk hasil yang maksimal, pasien disarankan menggunakan salep ini sebanyak 3 kali dalam sehari. Jika luka cukup dalam, maka oleskan sebanyak 3 rangkap. Bila lukanya tidak begitu dalam, maka Anda tak perlu minum antibiotik karena obat luar saja sudah cukup.

  1. Membalut Luka dengan Perban

Apabila luka cakaran tersebut tergolong ringan, biarkan saja dan jangan dibungkus apapun. Ini akan membuatnya cepat mengering hingga sembuh. Namun, jika ternyata goresan itu cukup dalam maka disarankan membalutnya dengan perban higienis. Itu sangat disarankan agar terhindar dari debu.

Jika luka dalam akibat kucing tersebut dibiarkan terbuka, dikhawatirkan akan sulit sembuh. Bila tak dapat melakukannya, ada baiknya minta pertolongan kerabat maupun sodara terdekat. Menutup bekas goresan ini bisa membuat sakit cepat mengering sehingga potensi sembuh pun makin tinggi.

Kini Anda sudah mengetahui bagaimana cara mengobati luka cakar kucing. Jika sakitnya tak kunjung hilang selama beberapa hari, disarankan segera mendatangi dokter terdekat. Ini sangat dianjurkan bagi pasien yang memiliki luka cukup besar dan mengkhawatirkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *