Apa itu Webtoon?

Prevalensi smartphone dan perubahan pola konsumsi media telah mendorong banyak format media hiburan menjadi ramah seluler. Pada tahun 2018, 82% orang Korea Selatan memiliki smartphone dan Korea dianggap sebagai salah satu negara yang paling terhubung di dunia. Maka tak heran jika bentuk-bentuk baru media ramah smartphone ini berasal dan sedang dikembangkan di Korea Selatan. Salah satu area penting termasuk webtoon dan game berbasis webtoon.

Munculnya Webtoon

Apa itu Webtoon?
Apa itu Webtoon?

Asal-usul Webtoon dapat ditelusuri kembali ke buku komik Korea (disebut manhwa dalam bahasa Korea). Apa yang membedakan webtoon dari buku manhwa adalah format gulir vertikal mereka (klik di sini jika Anda ingin tahu tentang apa itu gulir vertikal) yang membuatnya mudah dibaca di smartphone. Dapat diakses oleh pengguna saat bepergian adalah kunci untuk tetap kompetitif di lingkungan media saat ini. Cerita visual sudah memiliki keuntungan menjaga perhatian pembaca dan, sebagai hasilnya, webtoon telah terbukti sangat sukses.
Karena webtoon bernuansa episodik, perbedaan besar lainnya antara buku komik Korea kuno dan webtoon adalah evolusi gaya komunikasi antara pencipta dan pembaca; kreator menerima umpan balik instan di bagian komentar dan berkomunikasi dengan penggemar saat mereka mengembangkan karya mereka. Baca Juga : Cara mendapatkan koin webtoon gratis
Keberhasilan webtoon tidak berakhir di sini; bentuk media konvergensi penuh dengan potensi. Korea tidak hanya menjadi pelopor dalam penceritaan visual online tetapi juga pemutar daya di pasar game seluler global. Baru-baru ini, semakin banyak webtoon yang diadaptasi sebagai game.

Bagaimana ‘Naver Webtoon’ Menjadi Global

Webtoon telah menemukan popularitas dalam skala global berkat sejumlah platform yang menerjemahkan dan mendistribusikannya di luar Korea Selatan. Naver Webtoon telah memainkan peran utama dalam membawa webtoon ke audiens global dan telah menjadi platform paling populer.
Naver Webtoon memiliki lebih dari 60 juta pengguna bulanan aktif secara global. Ketika popularitas industri terus meningkat, pertumbuhan pendapatan mereka pada kuartal KEEMPAT 2019 sebesar 128% dari tahun ke tahun.

Keberhasilan Naver Webtoon bergantung pada banyak faktor; selain kualitas dan aksesibilitas kontennya, rencana ‘bisnis IP’ yang sukses telah menjadi kontributor utama. Di Korea Selatan, istilah bisnis IP umumnya digunakan untuk merujuk pada model bisnis yang memanfaatkan kekayaan intelektual terkenal dan mempromosikan integrasi mereka dalam format yang berbeda. Naver Webtoon telah berhasil mendorong bisnis baru dari IP mereka saat ini, misalnya melalui televisi, film, remake animasi, dan game.
Sepanjang dekade terakhir, banyak IP Webtoon Naver telah diadaptasi menjadi drama yang sukses.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *