Yuk Pahami Perbedaan Kunyit Kuning dan Kunyit Hitam

Bicara tentang perbedaan kunyit kuning dan kunyit hitam, hingga kini masih ada yang belum bisa membedakannya walaupun memiliki khas antara keduanya. Agar Anda tidak salah saat membeli, sebaiknya pahami akan informasi berikut.

Beberapa Perbedaan Kunyit Kuning dan Kunyit Hitam

Antara kunyit kuning dan kunyit hitam memiliki perbedaan yang mendasar. Tak hanya soal harga, namun secara fisik juga agak berbeda. Bila Anda ingin mengetahui akan hal tersebut, sebaiknya amati baik-baik info berikut ini:

  1. Dari Segi Warna

Kunyit kuning memiliki kulit yang sedikit tipis dibandingkan dengan kunyit satunya. Selain itu, warna bagian dalamnya berwarna oranye cerah. Sedangkan kunyit hitam memiliki isi agak pekat. Warnanya hitam kebiru-biruan. Agar tidak salah, sebelum beli, sebaiknya tanyakan terlebih dahlu pada penjual.

Perbedaan bagian luar kulit pun cukup siginifikan. Kunyit kuning memiliki permukan berwarna coklat muda agak putih sementara kunyit hitam warna coklat gading. Jika dibandingkan, sebenarnya kondisi fisik kedua bumbu tersebut sangat berbeda.

  1. Dari Segi Harga

Perbedaan kunyit kuning dan kunyit hitam yang mencolok juga terlihat pada harganya. Kunyit hitam memiliki harga lebih mahal dibandingkan dengan kunyit kuning. Per kilonya mulai puluhan ribu hingga ratusan ribu. Biayanya tidak murah karena keberadaannya cukup langka jadi penjualnya agak terbatas.

Sementara itu, kunir kuning harganya sangat ekonomis karena dijual mulai 10 ribu rupiah saja. Bumbu dapur ini super terjangkau karena kerap digunakan oleh ibu-ibu untuk menciptakan berbagai makanan lezat. Perbedaan harga tersebut cukup mencolok jika dibandingkan.

  1. Dari Segi Manfaat

Kunyit hitam memiliki banyak manfaat antara lain, mengobati asma, menghambat pertumbuhan sel kanker serta mampu mengatasi penyakit lambung. Kandungan alami pada bahan tersebut sangat cocok dikonsumsi orang tua karena mampu menyembuhkan Alzheimer bila dikonsumsi teratur.

Sementera itu, kunyit kuning memiliki khasiat tinggi untuk kesehatan antara lain, mengurangi alergi, penawar racun meringankan sakit meriang pada tubuh. Bumbu penyedap ini juga mampu memberikan efek baik untuk badan karena bisa menghambat pertumbuhan kanker.

  1. Dari Segi Ketersediaan

Kunyit hitam memang memiliki banyak khasiat, namun cukup sulit menemukan bahan alami ini. Tidak semua toko menjualnya karena permintaannya tak sebanyak kunyit kuning. Selain itu, orang yang membudidayakannya juga cukup jarang. Ketersediaannya agak langka jadi harganya tak murah.

Hal itu berkebalikan dengan kunyit kuning yang bisa ditemukan di mana saja. Pembeli dapat menemukannya secara mudah baik di toko kelontong maupun pasar tradisional. Bahkan, kini ada banyak penjual online khusus bumbu tersebut.

Manakah yang Lebih Unggul Antara Kunyit Kuning dan Kunyit Hitam?

Bicara tentang kualitas, maka antara kunyit kuning dan kunyit hitam memiliki khasiat masing-masing. Meskipun demikian, Anda perlu menyesuaikannya agar tidak salah memilih. Kesalahan pemilihan bahan dapat menyebabkan hasilnya kurang maksimal.

Apabila Anda ingin mencegah penyakit alzhemeir, maka disarankan memilih kunyit hitam. Akan tetapi jika ingin mengurangi radang, disarankan mengonsumsi kunyit kuning. Uniknya, keduanya sama-sama berkhasiat mengurangi pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. ingin lebih lengkap mengetahu manfaat kunyit hitam bisa cek disins khasiat dan manfaat kunyit hitam

Jadi manakah yang lebih unggul? Hal itu bergantung kebutuhan sebab antara kunyit kuning dan hitam mempunyai keunggulan masing-masing. Sebelum melakukan pembelian bahan tersebut, dianjurkan mengutamakan kualitasnya terlebih dahulu. Lalu, pertimbangkanlah soal harga.

Demikian adalah perbedaan kunyit kuning dan kunyit hitam yang harus diketahui. Agar tidak salah pilih, silakan tanyakan kepada penjual mengenai kedua bumbu tersebut. Semoga informasi kesehatan ini mampu memberikan tambahan pemahaman pada para pembaca.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *